Cirebon Kota Wisata

Friday, May 13, 2016


Berapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh seseorang untuk me-refresh otaknya, ketika sedang menghadapi pekerjaan yang berantakan di kantor? Kalian tahu, bahwa, suatu pekerjaan akan terasa lebih stress kalau terus dibayangkan dan dirasakan? Dibuat enjoy aja, Dude. Toh, weekend akan datang dengan sendirinya. Kemudian, waktu semakin mendekati weekend. Lalu, tujuan untuk weekend masih bingung entah mau pergi ke mana. Yah. Payah, deh!

Pernah dengar kota Cirebon? Kalau ada yang belum pernah dengar, silahkan googling sendiri aja, ya! Beberapa waktu lalu, saya menghadiri Seminar Pariwisata #FestivalPesonaCirebon yang digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon. Selebihnya digelar di Goa Sunyaragi, Cirebon Waterland, dan di beberapa tempat lainnya. Dengan mengusung tema “Strategi Promosi Wisata Cirebon Menuju Destinasi Pariwisata Unggulan”, yang didukung oleh beberapa Media Nasional. Rundown acaranya sangat banyak sekali. Memperkenalkan Cirebon dari sisi sejarah, seni, budaya, adat istiadat, wisata, sampai ke kuliner khas Cirebon.

Lalu, yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah, memperkenalkan Cirebon dari sisi wisata. Ya, “Cirebon Kota Wisata”. Bagi seorang Traveler, Itinerary adalah hal wajib yang harus dipersiapkan. Sudahkah memasukan kota Cirebon ke dalam Itinerary kalian? Jika belum, coba masukan dari sekarang!

Banyak orang yang bilang, keindahan itu relatif. Tapi jangan salah, keindahan Cirebon jauh lebih kece dari beberapa kota lain. Di Cirebon, kalian bisa mengenal beberapa tempat wisata dari zaman nenek kalian masih gadis sampai dengan zaman modern sekarang ini. Beberapa tempat bersejarah di Cirebon pun patut dikunjungi. Contohnya, Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Gedung BAT. Lalu, yang sedang naik daun belakangan ini adalah Cirebon Waterland. Sebuah wahana air yang dibalut dengan arsitektur outdoor yang luar biasa indahnya.

Dalam sektor wisata, Cirebon membuktikan diri dengan perkembangan yang signifikan. Beberapa akses jalan untuk menuju Cirebon pun kini sudah  terbilang gampang. Di jalur darat, tol Cipali membentang luas dengan menjadikannya sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia. Selain tol Cipali, Stasiun Cirebon pun menjadi salah satu jalur cepat yang bisa dilewati. Di jalur udara, pembangunan bandara Kertajati di Majalengka akan lebih memudahkan akses wisatawan yang ingin berwisata ke Cirebon. Sementara di jalur laut, pelabuhan Cirebon sudah tersedia. Ini menjadikan Cirebon sebagai salah satu Kota Metropolitan di Jawa Barat. Jadi, masih ada alasan untuk tidak memasukkan Cirebon ke dalam Itinerary kalian?

Dengan begini, semuanya berdampak dan berpengaruh terhadap perkembangan kota Cirebon untuk ke depannya. Tujuan wisata sejarah dan modern, adalah salah satu daya jual terbaik di Cirebon.
















Dengan konsep yang luar biasa, letak kota yang strategis, dan sejauh ini digadang-gadang sebagai kota maju. Maka, tidak salah lagi beberapa perusahaan besar dan hotel mewah yang berada di kota-kota besar sudah menjajakkan kaki di Cirebon.

Salah satu perusahaan yang sedang naik daun adalah CSI. Salah satu perusahaan terbaik di Cirebon sebagai tempat investasi yang aman, prospektif, dan menguntungkan. Beberapa orang telah mencoba join di CSI. Hasilnya, mereka menempatkan diri sebagai orang yang sukses di usia muda. Tertarik untuk bergabung? Mari berwisata sembari berinvestasi di Cirebon!

Bagi saya pribadi, bagian lain yang paling penting selain membuat Itinerary pada saat traveling adalah upload foto atau video. Setuju? Seiring dengan perkembangan teknologi, traveling dan pamer foto ke sosial media adalah hal yang harus dinomorsatukan. Pakai Smartfren HPnya generasi 4G di Cirebon,  dijamin upload kalian tidak akan gagal. Soalnya, Smartfren 4G ini sudah sangat dahsyat dalam hal kecepatan akses internet. Bye bye, hp lemot.

Pernahkah kalian memikirkan, bahwa, istirahat juga penting bagi kalian para traveler? Istirahat untuk memejamkan mata, badan, fikiran, dan hal lainnya, tentu saja salah satu hal yang harus diutamakan juga. Meskipun penginapan hanya sebagai tempat singgah. Tapi, kenyamanan tetap harus diutamakan. Dengan fasilitas yang sangat ciamik berbalut hotel berbintang dan pelayanan yang sangat ramah, Hotel Aston Cirebon adalah hotel terbaik di Cirebon dan Indonesia. Dapatkan berbagai fasilitas bertaraf internasional di Hotel Aston Cirebon. Ini lho, yang menjadikan kalian sebagai the real traveler.

Dalam hal lain, yang menjadikan Cirebon sebagai kota wisata yang paling berkesan dan mulai terkenal salah satunya adalah kreativitas anak muda Cirebon. Tak lepas dari itu, kini beberapa event besar di Cirebon hampir semua dikerjakan oleh anak muda Cirebon untuk perkembangan kota Cirebon ke depannya. Pemikiran anak muda yang semakin maju dengan daya jelajah yang sangat luas, lahirlah sebuah generasi handal yang peduli terhadap kota Cirebon. Mereka menamakan diri sebagai Komunitas Blogger Cirebon. Tahun ini, mereka memasuki usia yang ke-tiga tahun. Dengan mengusung tema Milad 3 Komunitas Blogger Cirebon, sedang ada event besar di bulan Mei – Juni 2016. Jadi, selain memperkenalkan Cirebon dari sisi wisata, bagi kalian anak muda Cirebon yang aktif, kreatif, dan imajinatif, ikutilah event ini. Hadiahnya ratusan ribu rupiah lho, ditambah juga beberapa voucher menarik.

Harapan saya, semoga perkembangan wisata di Cirebon semakin signifikan dan terkenal layaknya salah satu destinasi unggulan di Jawa Barat maupun Indonesia, atau bahkan dunia. Wisata sejarah berbalut budaya tradisional dipadukan dengan budaya modern, semuanya tersaji dengan rapi di kota kelahiran saya ini.

NB: Jangan pernah mengambil, memposting, dan mengklaim, hasil foto atau tulisan yang ada di blog ini tanpa seizin penulisnya, karena itu menjijikkan.

Cheers,
Ferdy Kusuma.



You Might Also Like

0 comments

Subscribe