Sentuhan Budaya Indonesia di Batiqa Hotel Cirebon

Saturday, June 02, 2018


Jadi, dua minggu lalu saya disuruh isi form pendaftaran sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Blogger Gathering. Form yang sudah dibuat pun langsung saya isi karena saya berniat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dua hari berselang, saya menerima undangan berbentuk surat elektronik dari BloggerCrony Community, dan ternyata Batiqa Hotel Cirebon ditunjuk sebagai tempat berlangsungnya acara yang akan saya ikuti.

Selamat datang, di Batiqa Hotel Cirebon.


Acara Blogger Gathering adalah salah satu cara Batiqa Hotel Cirebon Manajemen untuk mendekatkan diri dengan para pelaku media sosial di Cirebon. Acara ini dihadiri oleh 30 blogger yang berasal dari Cirebon, Indramayu, dan Jabodetabek. Sambutan yang diberikan oleh pihak Batiqa Hotel sangat ramah. Diawali dengan sambutan oleh General Manager Batiqa Hotel Cirebon, yakni Ibu Catleya Parengkuan, kami diajak berkeliling melihat-lihat fasilitas yang ada di sini. Selain itu, para tamu undangan yang hadir di acara ini diajak untuk merasakan pengalaman Ramadan dalam suasana keramahan khas Indonesia yang menjadi kekuatan Batiqa Hotel Cirebon. Ada juga games dengan hadiah menarik, buka puasa bersama dengan menu yang telah disajikan pihak hotel, dan live musik.

Lobi Hotel
Sepulang kantor, akhirnya saya menghadiri acara tersebut. Saya parkirkan kendaraan yang saya tunggangi di tempat parkir hotel. Kaki saya melangkah ke arah pintu utama. Pintu yang terbuat dari kaca itu dihiasi oleh motif batik mega mendung yang merupakan ciri khas batik Cirebon. Sambutan pertama yang saya dapat begitu hangat dari teman-teman BloggerCrony. Kemudian, saya menilik beberapa bagian lobi utama hotel ini. Dari beberapa bagian, yang paling menarik adalah seorang wanita  yang sedang membatik. Mungkin, ini sebagai simbol Batiqa Hotel Cirebon yang merupakan salah satu hotel dengan konsep batik di Indonesia.







Kamar Tidur
Dari beberapa rangkaian acara Blogger Gathering ini, kami dibagi menjadi 3 tim oleh panitia. Satu tim terdiri dari 10 orang yang akan diajak berkeliling melihat-lihat bagian lain dari Batiqa Hotel. Ya, selanjutnya kami diperkenalkan dengan ruangan tidur Batiqa Hotel. Batiqa Hotel sendiri terdiri dari 97 kamar superior dan 11 kamar suite -yang menyasar segmen bisnis dan keluarga-. Harga untuk kamar tipe superior yakni Rp350.000, sedangkan untuk tipe suite berkisar Rp650.000. Di setiap ruangan kamarnya terdapat aqua kemasan yang diletakkan rapi pada meja, meja kerja lengkap beserta kursinya, handuk yang dilipat rapi di kasur dengan sepasang bantal yang tampaknya empuk, TV LED dengan saluran internasional, dan ukiran berbentuk batik yang terbuat dari rotan, serta kamar mandi yang menyediakan air panas dan dingin. Secara keseluruhan, kamar tersebut cukup nyaman untuk staycation beberapa hari di Kota Cirebon.





Handycraft
Di sela-sela acara, saya mencuri waktu beberapa menit dengan Ibu Catleya Parengkuan. Saya penasaran dengan beberapa ukiran yang menempel di dinding yang menghiasi beberapa bagian hotel ini. Ternyata, beberapa dari ukiran yang menempel di dinding tersebut adalah hasil dari tangan kreatif sang GM yang terbuat dari kayu dan rotan. Ada juga yang dikerjakan oleh profesional artist dengan ide dari beliau. “Ada beberapa hasil dari tangan saya yang tidak sengaja, idenya pun tiba-tiba datang sendiri. Bahkan, saya menggergaji sendiri untuk pengerjaannya, adapula yang saya kerjakan dua hari sampai tangan saya terkena lem tembak,” katanya. Perbincangan kami berlangsung hangat dengan ditemani secangkir kopi dan makanan ringan. Ada yang bilang, ide bisa datang dari mana saja, bahkan ketika kita sedang melamun. Dari sini saya jadi tahu, dimulai dengan ide yang muncul tiba-tiba dengan dicampuri tangan yang penuh kreativitas akan menghasilkan karya seni dengan daya jual yang sangat bernilai.





Kesimpulan
Batiqa Hotels Manajemen adalah perusahaan manajemen hotel yang berkomitmen untuk memberikan sentuhan kebudayaan Indonesia pada propertinya. Berdiri di awal tahun 2014, kini, Batiqa Hotel Manajemen telah mengelola tujuh hotel yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, yakni Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jababeka, Karawang, Cirebon, dan Balikpapan. Saya senang sekali bisa menghadiri acara Blogger Gathering ini, selain untuk berbagi ilmu dan menambah wawasan, bertemu dengan orang baru dengan berbagai karakter adalah kesenangan tersendiri. Saya berharap, Batiqa Hotel Cirebon mampu mempertahankan nilai kebudayaan Indonesia melalui propertinya dengan ide-ide luar biasa yang nantinya semakin hari akan semakin berkembang.


By the way, thank you for the gift!


For your information, Batiqa Hotel is located at:
Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon, West Java
Ph. +62 231 833 8000

You Might Also Like

0 comments

Subscribe